5 Anime Berbahaya yang Bisa Memicu Makar di Indonesia

5 Anime Berbahaya yang Bisa Memicu Makar di Indonesia


Judul di atas bukan mengada-ada, tapi memang benar adanya. Ingat, kata Bang Napi, “Makar bisa terjadi kapan saja, waspadalah waspadalah!” Apalagi sekarang jaman sudah maju, berbagai hasutan radikal, propaganda komunis, fitnah penasbung dan penastak, semuanya bisa diselipkan ke dalam media apapun. Salah satunya Anime.

‘Kartun’ buatan Jepang ini memang membawa pesan-pesan tersembunyi; termasuk soal Makar. Ini jelas sangat berbahaya. Apalagi Indonesia sekarang sedang gawat-gawatnya. Kemarin pihak kepolisian mengumumkan sejumlah orang yang diduga melakukan pemufakatan makar.

Oleh karena itu, saya meminta kepada Paduka Jang Mulia (PJM) Presiden Jokowi (bukan Joko Widodo), Panglima TNI, Kapolri, Mahkamah Agung, dan teman-temannya –maksudnya jajarannya-, untuk segera mengambil tindakan pencegahan alias sensor terhadap 5 Anime Berbahaya yang Bisa Picu Makar di Indonesia ini.

Oh, sekarang Indonesia sudah demokrasi ya? udah gak jaman sensor-sensoran lagi. Karena itu saya usul pemblokiran sejumlah situs gratisan tempat download Anime, baik yang lokal ataupun internasional. Sebelum bicara saya semakin melantur, sebaiknya kalian langsung simak saja daftar anime berbahaya ini:

One Piece

5 Anime Berbahaya yang Bisa Memicu Makar di Indonesia
Sumber gambar: Jawavs

Anime ini super duper berbahaya. Konten makar yang dikandungnya begitu kental, sekental kecap Bango. Bayangin aja, tokoh utamanya itu sekelompok bajak laut dan lawannya pemerintah dunia. Luffy, sang kapten, memutuskan terang-terangan menantang pemerintah dengan cara membakar bendera mereka di Pulau Pengadilan Enies Lobby.

Perlawanan terhadap pemerintah dunia juga dilakukan Shirohige, bajak laut kawakan dari New World. Ia memutuskan mengangkat senjata karena tidak terima anak buahnya, Ace, dihukum mati. Lihat kan, nilai-nilai makar sangat kentara di anime ini.

Sampai saat ini petualangan Luffy and the gengs masih berlanjut. Masih belum terlihat ujung cerita One Piece. Buat yang ingin nonton bisa langsung googling One Piece di Google. Deretan situs download anime sub Indo langsung bisa kalian dapati.

Akame Ga Kill

5 Anime Berbahaya yang Bisa Memicu Makar di Indonesia
Sumber gambar: Zerochan

Cerita Akame Ga Kill juga tidak kalah berbahaya dari One Piece. Tokoh utamanya yaitu Tatsumi, anak dusun yang bergabung dengan kelompok pemberontak Night Watch. Kisah di anime ini berfokus pada usaha Night Watch dalam menggulingkan raja.

Unsur-unsur pemberontakan di Akame Ga Kill sangat terang, seterang lampu Phillips. Versi anime Akame Ga Kill sendiri sudah tamat dengan original ending. Sedangkan untuk versi manga masih berlanjut.

Rating anime ini cukup tinggi di Myanimelist, mencapai skor 7.84. Artinya Akame Ga Kill lebih dari layak untuk kamu tonton. Salah satu anime bagus yang bisa menginspirasi perbuatan makar.

Magi: The Labyrint of Magic

5 Anime Berbahaya yang Bisa Memicu Makar di Indonesia
Sumber gambar: 1Zoom

Anime ini sebenarnya sudah sampai dua season. Namun yang paling mungkin bisa memicu makar adalah season yang pertama. Dimana Aladin terjebak di tengah-tengah pemberontakan yang terjadi di Balbadd. Gilanya sang pemimpin pemberontak adalah Alibaba, sahabat Aladin.

Pemicunya karena ketidakadilan yang diakibatkan sistem monarkhi. Kemiskinan dan kelaparan menjadi makanan sehari-hari rakyat Balbadd. Kejadian ini mengingatkan saya kepada kalimat seorang tokoh politik, “Perut yang lapar bukan nasehat politik yang baik.

Secara keseluruhan, anime ini sangat menarik. Mengingat setting lokasinya bernuansa timur tengah. Jarang sekali anime yang punya sentuhan budaya timteng. Anime yang sangat direkomendasikan untuk ditonton.

Full Metal Alchemist

5 Anime Berbahaya yang Bisa Memicu Makar di Indonesia
Sumber gambar: Edgar

Full Metal Alchemist sama buruknya dengan anime-anime yang telah disebutkan di atas. Ceritanya mengenai Elric bersaudara yang mencoba mengembalikan tubuh mereka yang hilang. Penyebabnya adalah tindakan mereka yang ingin menghidupkan sang ibu. Tindakan yang dianggap tabu dalam alkimia.


Kisah ini diakhiri dengan pemberontakan dan penggulingan kekuasaan terhadap King Braddley. Anime ini harus diwaspadai mengingat pemberontakan bisa terjadi kapan saja dan dilakukan siapa saja. Asalkan mereka memiliki tempat dan waktu yang tepat.

Code Geass

5 Anime Berbahaya yang Bisa Memicu Makar di Indonesia
Sumber gambar: Wall.Alphacoder

Anime ini juga sudah tamat. Bahkan lebih seru versi animenya dibanding versi manga. Yang paling berbahaya dari Code Geass dibanding anime-anime lain yaitu kisahnya yang detail dan penuh konspirasi. Layaknya panduan step-by-step membuat nasi goreng lengkap dengan takaran bumbunya.

Ceritanya seperti ini: negara adi kuasa Britania berhasil menguasai setengah planet bumi. Kelakuan negara ini layaknya orang Belanda ketika menjajah Indonesia. Sangat jahat dan kejam. Karena itu sejumlah orang memutuskan angkat senjata melawan Britania.

Tokoh utama Code Geass yaitu Lelouch, pangeran Britania yang dibuang ayahnya. Dengan menyamar menjadi Zero, ia berhail membentuk kelompok Ksatria Hitam yang bertujuan membebaskan Jepang dari genggaman Britania.


Ending Anime ini sangat tidak terduga. Bahkan penulis saja sempat menitikan air mata gara-gara kelilipan. Namun syukurlah anime ini kalah populer dengan One Piece. Coba kalau tidak. Mungkin Jokowi sudah lengser sekarang ini. Tuhan memang masih memberkati Indonesia Raya.

****

Daftar di atas bisa saja bertambah seiring penulis mau menambahkannya. Mungkin besok, mungkin lusa, atau mungkin tidak akan pernah. Aktivis mahasiswa yang kurang kreatif juga bisa mencontek metode-metode yang dijabarkan yang ada di anime-anime tersebut.

Biar demo kalian lebih asyik dan jauh dari rusuh. Memang gagah sih kalau masuk koran. Tapi itu sudah bukan jamannya. Soal ini akan saya tulis lain kali saja.

Ditulis oleh: Lebowski; Sumber gambar: Eric Constantineau

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 komentar

Write komentar
26 Desember 2016 pukul 05.15 delete

tapi di anime itu bisa mengajarkan untuk melawan korupsi2 indonesia...hehehe

Reply
avatar